Friday, January 04, 2008

Peringatan Tanggal-tanggal

Sebenarnya tulisan ini ingin di rangkai beberapa waktu lalu, tapi seperti biasa interupsi selalu muncul dan kadang saya tak cukup punya kemauan untuk "doing the extra mile" buat tetep nulis selagi anget.
Ini tentang peringatan tanggal-tanggal. Dalam bersosialisasi dan memelihara hubungan, kita sering mengagendakan hal ini. Tanggal pernikahan, hari "jadian", hari pahlawan, kemerdekaan, dan yang paling sering adalah Hari Ultah.
Sudah lama saya mengidentifikasi 'kelemahan' diri yang kadang cukup membuat resah orang sekitar, yaitu kekurangmampuan saya mengingat tanggal. Untuk peringatan apa saja, terutama ya itu tadi yang paling sering, tanggal ulang tahun. Kadang memang tidak ada slot sama sekali di kepala, atau kadang sudah tersimpan di bawah sadar tapi ingatnya gak pas dengan hari H. Dari di diemin pacar (di kala itu), di maki sahabat, di omongin di belakang, atau sekedar helaan napas panjang dan tatapan kecewa teman-teman. Saking parahnya ultah ortu dan kakak yang sangat unik, kebetulan Papa,kakak dan ponakan ultah di hari yang sama), tahun 2007 kemaren terlewat begitu saja. Ingatan datang pada hari ke tiga dan satu hari sebelum hari H!
Sungguh saya setuju dengan argumen salah satu sahabat bahwa atensi dan usaha untuk mengingat tanggal tanggal ini adalah bentuk perhatian. Tapi sungguh bukan saya tidak peduli pada mereka yang saya terlupa tanggal lahirnya. Tidak mungkin kan saya tidak peduli pada keluarga inti atau pacar sendiri?! lalu kenapa ya..?
Karena saya merasa gagal dan mengecewakan orang-orang, di awal tahun baru ini saya berpikir agak serius mengenai hal ini. Salah satu hasil kontemplasi saya adalah, mungkin karena buat saya hari ulang tahun adalah seperti hari hari biasa dengan warna yang sedikit berbeda. Terus terang saya masih belum berhasil melihat korelasi antara tanggal kita di lahirkan dengan ucapan selamat, kado dan pesta selain memang kita memang mencari kesempatan membuat perayaan dan merasa di istimewakan barang sehari. Toh sebenarnya umur kita yang berkurang setahun. Hal yang paling penting dari tanggal bersejarah ini adalah mengenang dan menyerapi perjuangan ibunda yang meregang nyawa untuk melantarkan kita pada dunia fana ini. Sebuah hal magis yang luar biasa dalam setiap kehidupan seorang ibu yang bisa menjamin surga. Dan bisa kita perdalam dengan peran setiap jiwa yang bersentuhan dengan cerita kita dan menjadi simpul simpul perjalanan kedewasaan jiwa kita dan pada akhirnya menganalisa kita sampai dimana.
Memang menyenangkan mendapat perhatian, kado, sukur dapat Doa. Ini sama saja dengan tiap negara yang menskedulkan berbagai macam hari peringatan yang pada akhirnya adalah melegalkan hari libur nasional untuk senang-senang. Mungkin saya harus bisa lebih berkompromi dengan ritual sosial, mengagendakan perhatian,menyenangkan orang dengan hadiah dan Doa pada saat-saat yang di sepakati secara jamaah. Karena mungkin orang jengah untuk melakukannya kalau tidak ada dalam jadwal.
Sumpah, saya senang banget kalau dapet kado,perhatian,pesta dan doa .. kapan saja termasuk hari ulang tahun saya.. hehehehe
Buat segenap keluarga, sahabat, mantan pacar, dan mereka yang kebetulan sudah mengamanahkan tanggal bersejarah mereka tapi tak mendapat perlakuan semestinya. Saya dengan ini meminta maaf sedalam-dalamnya dan perkenankan saya mendoakan kalian akan hal-hal yang terbaik sebelum masa kita menjadi senja. Segenap kebahagiaan, kecukupan jiwa dan akhir masa yang sebaik-baiknya. Amin...
I love u all.. I do..

8 comments:

Lifeofesra said...

Jeng Ros...:-),
Kita punya penyakit yang sama sepertinyah. Kalopun sekarang kadang kadang gue inget, itu pasti karena HP gue yang ngingetin bukan karena terekam di kepala gueh...huahahaha

Alina said...

Ih 'Jeng Ros' itu terdengar jadul dan ga asik! hahaha

Well itu dah terpikir buat pake alat bantu pada akhirnya entah hape ato web reminder (telat amat). But first of all, gue harus bikin log lagi buat semua tanggal ke semua orang. Hahahaha

Anonymous said...

love u too, beibeh... he he...
oh ya, ultahku 7 desember...
i bet u still dont recognize me ...

Alina said...

well I don't hahaha
anyway, nice to have u visited my page

Anonymous said...

emm....

Anonymous said...

huh, menyebalkan..
kau tetap tidak mengenali juga..
aku kan yang membuatmu menulis postingan ini..

Berly said...

Dimaafkan kok :-D

Anonymous said...

while you try to find,
the lines to speak your mind,
and pry it open hoping for an encore,
and if it gets too late,
for me to wait for you,
to find you love me and tell me so,
it's ok...don't need to say it...