Saturday, September 08, 2007

INDONESIAN DAY 2007,KUWAIT

INDONESIAN DAY

Hari ini cukup menyenangkan dan menarik. Di mulai dengan sesi driving course yang menyenangkan di pagi hari, dan di lanjutkan kunjungan ke Indonesian Day di siang harinya.

Nah, di sini gue pengen mencoba merekam dan menterjemahkan keterhiburan gue selama ada di Indonesian Day yang di selenggarakan KBRI. Acara ini rutin setahun sekali, dengan spirit peringatan Hari Kemerdekaan, di tujukan kepada seluruh masyarakat Indonesia yang ada di Kuwait.

Acaranya sendiri khas hiburan KBRI lah, dari seremonial pagi, cabaret, tari-tarian, band, bazaar makananan yang muahalnya minta ampun, dan yang paling di tunggu-tunggu, DANGDUTAN Nyukkk!!!

Indonesian Day di mulai dari menjelang makan siang sampai menjelang tengah malam. (pusing gak sih ..) Gue dateng jam 3.30 pm, di sambut dengan balon-balon, sekuriti dan mobil polisi (gue juga bingung riots apa yang mungkin terjadi dari massa yang dominant wanita). Di pintu masuk, ada banner gede Western Union yang jadi sponsor utama acara hari ini. Ini bikin gue inget film Jablai-nya Titi Kamal. Dan begitu gue masuk, ternyata buanyak banget yang dateng ampe senggol-senggolan.

Beberapa menit kemudian gue dah ikut berdesak-desakan di stand …Makanan!(nggak surprise banget deh begitu dateng langsung ke stand makanan). As expected, variasi nya emang lumayan. Dari menu wajib, bakso dan sate, ada juga lontong sayur, soto, pecel, segala jenis es buah, botok, makanan jawa timuran, rendang, kerupuk dan segala jajan pasar. Tapi entah mengapa, gue nggak terlalu terintimidasi, mungkin karena dah makan siang sebelumnya (plis deh). Tapi nggak mungkin dunk nggak beli! So, gue end up dengan sate sapi dan bawa pulang pempek, batagor, kacang bawang dan kerupuk. Sayang, mungkin karena masaknya dah lama jadi rasanya nggak ada yang nendang. Gue jamin itu ibu-ibu yang jualan pada kaya raya deh abis bazaar. Muahalnya ampun!bahkan kalo di compare dengan standar harga makanan local. Sebagai ilustrasi, empat potong batagor di hargai sekitar 50 ribu rupiah, satu botol selai kacang bawang 30 ribu, pokoknya segala macam snack 1KD rata-rata (32-35 ribu rupiah). Termasuk tiga batang pete di hargai 1 KD juga! Bukannya apa-apa, soalnya 1KD dah lumayan buat sarapan yang cukup pantas. Well, iya gue tau, ketimbang kita harus Indonesia sendiri biaya tiketnya berapa! Hahaha

Nah selepas dari pasar senggol makanan, gue beralih ke aula utama yang penuh sesak ama orang. Ini dia bagian paling seru!Gue terkaget-kaget mengamati orang-orang yang dateng. Sumpah aneh-aneh! Gue tau para TKW itu suka berlebih kalo ada acara, tapi aslinye gue baru ngeliat sendiri kali ini. Ada beberapa aliran sih kalo di perhatikan lebih detil.

Pertama, mereka yang berasa artis dangdut er-te setempat. Aslinye dari legging ketat, boots, baju jala-jala, baret berpayet, tank top atau other kind of top yang bikin dada ‘tumpeh rueh’, aksesoris yang keliatan di liat dari 100m, pokoknya pakem kostum dangdut keliling di patuhi secara kaffah!hehehe Asyik bergunjing tentang majikan mereka, dengan ekspresi dan ketawa centil yang khas. Gue jadi mikir, selama ini kita prihatin ama tingkat abuse, dan pemerkosaan kepada para pahlawan devisa kita. Tapi ngeliat kostum dan pembawaan mereka hari ini, arab mana yang tahan nggak memperkosa mereka coba! Yah gue tau ga semuanya begitu, tapi harusnya mereka yah jangan begitu lah kalo gak mau di lecehkan

Kedua, adalah mereka yang datang berjilbab, abaya lengkap, kerudung yang aksi, plus make up panggung tebal dengan aksen mata lebam khas Kuwaiti ladies. Gue ga terlalu yakin sih mereka ini berprofesi sebagai apa. Tapi pastinya, waktu orkes local dangdut manggung, goyangannya ga kalah dengan rekan-rekan lainnya. Ada yang bilang ini adalah para TKW yang berhasil. (terjemahan bebas: jadi istri orang local)

Khusus masalah Joget, ternyata sudah di antisipasi sama MC kalau suasana bakal Chaos waktu dangdut dimulai. Diminta dengan segala hormat, bagi segenap pengunjung untuk berjoget di tempatnya dengan joget yang sesuai dengan jalur-jalur kesopanan dan martabat bangsa.. hahahaha Lucu banget deh, konser dangdut mana yang sebelum mulai pakai diceramahin dulu tentang norma joget. hehehe

Aduh berasa prejudice banget deh gue!Walaupun gue terkaget-kaget ngeliat mereka dandan, joget atau ngomong, harusnya gue cukup bisa menahan diri dari segala konotasi negative dari apa pun yang gue liat. Toh gue nggak tau apa yang mereka jalanin, ya nggak! Gue suka marah-marah di lecehkan di jalan sebagai wanita Asia, karena mereka menganggap semua wanita Asia adalah pekerja rendahan dan gampangan. Tapi ternyata gue sendiri suka punya prejudice yang sama kalo ngeliat rekan-rekan pahlawan devisa ini. Not Good!while I always think that I never judge the book by it’s cover… Emm btw, gue pikir-pikir waktu gue geli ngeliat joget hot mereka, tiba-tiba terlintas jogged versi R&B dan Salsa di party semalam yang ternyata beberapa gerakan dasarnya hampir sama dan sama hotnya! (jadi mau malu, beda musik doang jek…. Hahahaha)


Notes:
Oya, ada kejutan nostalgia waktu sesi tari-tarian. Anak-anak kedutaan menarikan Tari Merak Sunda Bali. Yang ternyata Tarian wajib gue semasa gue masih hidup dalam lingkungan kedutaan! Jadi inget masa kecil! It’s surprising that some things are never change in the embassy life. Same feeling that I have when I saw the Ambassador wife’s was wearing classic silk batik top. The same aura of the Ambassador and the wife’s, the local Indonesian King at the location and how they present them selves among the “ordinary” people including the classic high hair do that his wife is using J

1 comment:

Anonymous said...

Iyah, alina emang pride and prejudice he he he...

mau kayak jane austen
atau mo niru keira knightley?