Wednesday, December 05, 2007

Konsep Rejeki

Tiba-tiba gue pengen ngomong soal konsep rejeki.. Ngomongin rejeki secara natural harafiah biasanya langsung di terjemahkan ke materi. Sampai berapa hari lalu gue tetep ga bisa ngerti kenapa kalo ibu-ibu kumpul harus banget explain jabatan suami, grade ampai gaji! Baru aja week end lalu gue dengan semangat idealisme segolongan wanita menyatakan kegelian gue atas perilaku ini ke beberapa temen gue yang notabene hidup dalam lingkungan itu. Dengan berapi-api gue langsung emosi komentar how rude a person who just met us asking how much is the husband’s salary. Di titik ini sepertinya gue agak gegar budaya dan memutuskan untuk tidak bisa menganggap hal itu sebagai suatu hal yang wajar bagi seseorang untuk mengidentifikasi diri dengan ‘kelas’nya atau pun jalan untuk mempertegas eksistensi diri.

Barusan gue jalan ama temen gue yang lain yang lumayan aktif kehidupan sosialnya di seantero negara rantau ini. Dan ternyata masalah gaji menggaji ini bener-bener sudah menjadi bagian dari pembicaraan standar. Tidak ada sepertinya yang merasa tersinggung atau risih lagi. Ada dua pilihan untuk bertanya, secara vulgar pada hari pertama kenalan, atau pada saat membahas kerjaan suami pada pertemuan-pertemuan selanjutnya. Yang kedua sepertinya sekedar memastikan kekuatan pasar.

Dari obrolan-obrolan di atas lah, gue dapet tuh range gaji para suami beliau-beliau ini. Untuk tataran atas management di mulai dari manager jumlahnya bikin gue terdiam sesaat. That’s a lot lot of money for a month with every basic facilities covered! It’s even much higher than the monthly take home pay of the first man of my company in town! Akhirnya gue bisa ngerti kenapa tas seharga uang pangkal kuliah swasta jadi koleksi standar.hehehe

Temen gue dengan culunnya bilang, “loe kan masih ada kesempatan tuh, cari suami yang begitu aja, ayo!” Dan gue dengan sok polosnya jawab,”Yang penting gue bahagia aja deh, mau duit berapa juga bisa berasa kurang mulu”. Ciehhh… geli sendiri gue dengernya!hahaha

Tapi setelah itu secara lebih serius gue berpikir mengenai ‘rejeki’. Gue inget kata-kata kakak gue yang abis pulang pengajian waktu gue cuti bulan lalu.”Tiap orang itu sudah di jamin rejekinya, tapi orang sering salah kaprah menterjemahkan rejeki. Rejeki juga bisa di artikan sebagai fasilitas untuk beribadah.Ini bisa dalam bentuk materi, tenaga, pikiran,ilmu,doa,pertolongan orang,pahala, etc” Betul kita harus termotivasi untuk maju setiap harinya, tapi terintimidasi oleh rejeki orang lain gue pikir lebih banyak mudharatnya daripada manfaatnya yah. Sengsara juga kan kalo tiap hari kita berasa kurang dan kurang regardless apa yang kita dapat hehehehe

Menjelang sampai rumah, temen gue tadi bilang “ Ibu ini bagus banget rejekinya, tiap kali dateng ke rumah pas gue masak, pas gue mau jalan, etc”. Gue jadi seperti langsung di kasih tambahan contoh soal, malam ini gue memang ngerasa seneng bener ketemu soto enak, temen ngobrol enak, godain anaknya yang lucu, di tutup ama jalan-jalan dan nemu baju winter murah meriah lagi!plus aksesoris India yang nyentrik .. halah belanja lagi judulnya! Tapi intinya hal-hal yang tadi gue sebutin tadi bikin gue ngerasa cukup, dan semoga berlanjut ke ibadah dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat, setidaknya menjaga tali silaturahmi lah. Mungkin kalau di rangkum dalam satu kalimat, “Alhamdulillah gue cukup mampu bayar taksi untuk silaturahmi dan di beri kemampuan untuk berdiskusi tentang program kegiatan organisasi yang bertujuan memberi manfaat buat semua temen-temen”

Dan satu lagi, harusnya gue cukup mampu buat ga Su’udzon dengan mereka yang akrab membicarakan gaji, jabatan ataupun grade, mungkin buat mereka itu sama aja dengan gue ngebahas ama temen-temen yg lumayan deket sesama perantau di perusahaan gue berapa pasaran gaji buat posisi dan grade tertentu termasuk ngebuka dapur masing-masing dengan tujuan supaya kita gak di rugikan oleh oknum oknum menyebalkan yang kadang punya hobby aneh untuk meminimalkan pengeluaran perusahaan semaksimal mungkin dengan segala cara walaupun budget standar sudah ada. (lah curhat ….)

1 comment:

Anonymous said...

He he iseng2 nemu blog lucu' nech... punya' temen baru gue di Q8:)

Rejeki menurut gue adalah, apa yg kita makan, minum, kita pakai, kita rasakan dan kita nikmati saat ini, detik ini...
Kalo yg di simpen2, itu mah belum tentu jadi rejeki kita... bisa aja jadi rejeki tikus, kecoa atau jamur (untuk makanan, red)... begitu jg dgn UANG...

Semoga membantu... menambah arti rejeki...

Salam,
Si Bewok...