Tuesday, February 26, 2008

Ahmadi Festival - Tujuh Belasan Ala Kuwait


Gue sendiri dah lama banget gak dateng ke acara tujuh belasan di Indo. Tapi menurut yang gue liat di tipi plus memory gue waktu kecil, perayaan tujuh belasan belum terevolusi jauh, apalagi yang di daerah. Lapangan, hiburan massal, tempet mejeng pemuda pemudi kampung setempat, joget gratis, layar tancep, tempat rendesvous para mbak-mbak dan mas-mas dengan biaya minimal, ama puas bisa teriak-teriak supporterin orang tanpa di tangkep satpam karena berisik! hihihi

Nah Kuwait tanggal 25 ini merayakan Liberation Day-nya, gue masih kurang referensi masalah ini, tapi seharusnya adalah liberation dari British tapi sebagian bilang itu juga buat ngerayain pembebasan dari Irak tahun 91 dulu. Anyway the whole nation is ready for party!!! Ga tanggung-tanggung liburnya tiga hari! plus week end, so jadilah gue very long week end di negara ini. Mendekati hari H, udah jadi tradisi (padahal ga ada biskuit roma) buat para anak-anak abg lokal terutama yang bukan dari creme de la creme buat nongkrong di tepi jalan dan pengkolan buat nyemprot-nyemprotin foam ke mobil lewat plus orangnya di dalem (apes dah kalo ga kunci pintu mobil). Di beberapa tempat menurut gosip malah sekalian ama pilox... well yang ini dah tergolong vandalisme. So morale of the story, selama libur liberation day ga usah buru-buru cuci mobil, soale bakal kotor mulu! hihihihi Gue sempet agak nyerempet satu abg nekat yang ngehadang di tengah jalan buat nyemprot mobil gue! well ga kenceng lah, tapi mayan berisik pas dia kena hehehe
Nah satu hari di liburan itu, gue ama temen gue sekeluarga Mr Rinaldy & Ms Aela, mengunjungi Ahmadi Festival. (Ahmadi:nama daerah industri tempat kantor gue dan salah satu national oil company berada). Begitu sampai di lokasi, setelah jalan agak jauh, musik arab yang dominan rebana dan sejenis drum langsung membingkai suasana. Gue dateng edisi siang, ga terlalu banyak performancenya. Ada tari pedang, musik rebana, ama panggung anak-anak lengkap dengan teletubbies arab di iringi musik techno (binun kan? teletubbiesnya ajep-ajep bo..!) Selebihnya ada tenda tenda yang isinya foto-foto Kuwait jaman dulu mostly tentang industri perminyakannya yang membawa negeri beduin (suku nomaden padang pasir) dan nelayan ini jadi salah satu negeri terkaya di dunia (yang pasti mata uangnya paling kuat jek! sedih pan.. rekening nambahnya bukan dinar soale). Oya, ada juga bangunan semi permanen yang ngegambarin rumah para beduin ini dulu di gurun pasir. Nah anak kecil ini termasuk penari pedang rebana (halah.. gue ga tau soale namanya apa)
Buat gue performance yang ada biasa ajah, dari sisi budaya dan sejarah minimal lah secara emang negeri ini ga kaya juga dari sisi itu. Tapi yang paling menarik adalah mengamati "crowd" yang ada di lapangan cricket tempat Ahmadi Festival ini. Orang-orangnya terlihat lebih beda sama mereka yang gue suka ketemu di mall, yang ini lebih lepas, lebih berenergi dan kampung dikit. Abg-nya dandan maksimal, make up menor abis, kacamata artis, plus boots bling bling buat yang cewek (sayang ga sempet moto), trus baju junkies and rambut di spike abis buat yang cowok! seru deh! dah berasa paling keren sepenjuru Ahmadi deh pokoknya. hihihi Tapi
tema nasional dress code and accecoriesnya adalah Kuwait national flag, dominan warna merah, ijo dan putih. Niat-niat banget loh mereka. Berikut sedikit cuplikan dokumentasi dengan courtesy dari yang punya kamera, Mr Rinaldi,

Nah ini termasuk penari latar ajep-ajep si teletubbies arab.. hehehe




Aslinye niat bener ini satu keluarga, gue yakin ibunya yang semangat!



Buat para ibu-ibu bisa ngeleseh di mana aja buat piknik atau sekedar gossip sementara anak-anak pada kesenengan joget bareng teletubbies techno. Jarang-jarang kan liat adegan begini hihihihi (berasa ada di salah satu adegan ayat-ayat cinta)

last but not least thank to Keluarga Rinaldy yang dah bawa gue ke acara ini dan ke acara-acara yang laen hehehe..

2 comments:

Anonymous said...

itu kok bisa sih moto2 cewe di kuwait? emang mereka mau ya di poto?

mba, numpang ngambil gambarnya yak, saya taro di blog saya...

Dita said...

Lin, asik banget bisa dapet pengalaman ini, dapet banyak foto lagi. Gue pengen yang kayak gini nih, bukan sekedar dateng ke tempat keriaan yg gak jelas, rusuh dan sprayer foam di mana-mana *bete*